KELOMPOK
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
JUDUL
MODEL
|
Optimasi Upaya Rehabilitasi Mangrove Dalam Rangka
Pengelolaan Ekosistem Mangrove Berkelanjutan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
TUJUAN
MODEL
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
VARIABEL
YANG TERLIBAT
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
CAUSAL
LOOP
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
NILAI/FORMULA
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
MODEL
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
EVALUASI
|
(tidak
perlu dikerjakan sekarang)
Terdapat
tiga tahapan evaluasi model yaitu mengevaluasi kelogisan model,
kesesuaiannya
dengan konsep model, dan perbandingan dengan data aktual
(Purnomo
2012). Tahap pertama dan kedua evaluasi, mengabil contoh emisi CO2 transportasi yaitu mobil dengan kapasitas
mesin 1200-1800 cc.
Dapat
dilihat pada tabel, semakin banyak jumlah mobil maka semakin tinggi karbon
yang diemisikan.
Maka
model dapat dikatakan logis dan sesuai konsep.
Evaluasi tahap ketiga dilakukan dengan
membandingkan data hasil simulasi
dengan
data aktual total kunjungan wisatawan tahun 2010-2014 (Dinas Pariwisata,
Perindustrian,
Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Kabupaten
Pangandaran tahun 2013). Pada dibawahdapat dilihat bahwa grafik
yang
terbentuk dari hasil simulasi tidak berbeda jauh dengan data sebenarnya.
Sehingga
dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi, model dapat
merepresentasikan
fakta di lapangan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
SKENARIO
|
(tidak
perlu dikerjakan sekarang)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
SKENARIO
1 (deskripsikan sebagaimana pernah disampaikan dalam kelas)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
SKENARIO
2 (deskripsikan sebagaimana pernah disampaikan dalam kelas)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
SKENARIO
3 (deskripsikan sebagaimana pernah disampaikan dalam kelas)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
dst…
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
PRESENTASI
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
IMPLEMENTASI
SKENARIO 1 (Tampilkan model hasil running dengan implementasi skenario 1)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
IMPLEMENTASI
SKENARIO 2 (Tampilkan model hasil running dengan implementasi skenario 2)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
IMPLEMENTASI
SKENARIO 3 (Tampilkan model hasil running dengan implementasi skenario 3)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KESIMPULAN
|
(jelaskan skenario mana yang menunjukkan performa
model yang paling baik, deskripsikan sebabnya, dst…)
|
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Komentar